Peluang Usaha Cuci Steam Motor dan Analisa

Seberapa besar peluang usaha cuci motor untuk tahun ini dan tahun-tahun mendatang? Berapa modal usaha cuci motor agar usaha bisa mulai berjalan? Kita akan bahas mengenai peluang usaha cuci motor dan analisa sederhana mengenai modal usaha cuci motor.

Melihat perkembangan otomotif di Indonesia yang semakin pesat, yang dapat kita lihat semakin padatnya volume kendaraan di jalan-jalan baik di kota besar maupun kota kecil sekalipun, hal ini mendorong para enterpreneur yang ingin memulai usaha cuci motor. Dengan jumlah kendaraan terutama motor yang kian meningkat tersebut, pastinya menjadikan peluang usaha cuci motor semakin besar.

Pengguna Motor Ingin Motornya Selalu Terlihat Bersih

Iya, ini adalah salah satu alasan mengapa usaha cuci motor mampu bertahan hingga saat ini dan bahkan peluangnya semakin menjanjikan. Walapun masyarakat sebenarnya bisa melakukannya sendiri, namun perlu anda ingat, itu hanya sebagian saja. Faktanya di lapangan, mereka lebih memilih mencuci motor di tempat pencucian motor.

Berapa Modal Usaha Cuci Motor ?

Jika anda saat ini ingin memulai usaha cuci motor, tentu terlebih dahulu harus melakukan analisa sederhana mengenai berapa modal yang dibutuhkan untuk membangun usaha ini. Berikut contoh simulasi sederhannya :

Sebelum membuka usaha steam motor, tentu terlebih dahulu anda harus membeli peralatan steam sebagai penunjang usaha nantinya. Peralatan yang utama adalah mesin steam cuci motor yang berfungsi untuk menyemprotkan air ke motor. Di pasaran, sudah banyak di jual steam motor secara paket. Dengan harga kisaran 5 jutaan, anda sudah mendapatkan mesin steam, kompresor angin, sprayer, selang high pressure hingga shampo snow wash. Itu artinya, anda baru mengeluarkan modal sebesar 5 juta.

Memulai Menjalani Usaha Cuci Motor

Setelah peralatan sudah lengkap, kini saatnya anda menghitung biaya operasional yang akan anda keluarkan setiap bulannya. Untuk membayar listrik yang digunakan, membeli shampo motor / alat pendukung, dan juga membayar gaji karyawan. Untuk biaya operasional tersebut, kita estimasikan sekitar 50% dari total pendapatan. Jika omset yang didapat adalah :

20 motor / hari x Rp 8.000 = Rp 160.000

maka dalam satu bulan (25 hari) x Rp 160.000 = Rp 4.000.000

Maka, anda akan mendapatkan keuntungan sebesar 2 juta dalam satu bulan, itu sudah dikurangi biaya operasional sebesar 50%.

Jika modal awal yang dikeluarkan adalah 5 juta + 1 juta untuk biaya tak terduga, maka dalam waktu 3 bulan saja modal usaha cuci motor anda sudah kembali. Di bulan ke empat dan selanjutnya, anda tinggal menikmati hasil dari usaha cuci motor yang anda jalani.

Anda butuh modal usaha Cuci Motor atau usaha Lainnya?

Jaminkan BPKB kendaraan anda dan dapatkan pinjaman dana dengan bunga rendah. SMS 089 866 866 20

Untuk dapat bertahan meraup keuntungan dari usaha cuci motor, buatlah beberapa promo yang akan menarik para pelanggan anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *